MUSYAWARAH MASYARAKAT DESA (MMD)

Hari ini Sabtu tanggal 30 Nopember 2019 diadakan Musyawarah Masyarakat Desa di Balai Desa Mojoarum. Acara ini diisi oleh perwakilan dari Puskesmas tiudan yakni ibu Atin Sumarini, ibu Kepala Desa Mojoarum Ibu Hj. Emmy siksowati, kasi pelayanan Bapak Djanun, dan Bidan Desa Ibu Kasmiati.
Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) adalah pertemuan perwakilan warga desa beserta tokoh masyarakatnya dan para petugas untuk membahas hasil Survei Mawas Diri (SMD) dan merencanakan penanggulangan masalah kesehatan yang diperoleh dari hasil survei mawas diri.
Survey Mawas diri dilaksanakan oleh kader kesehatan Desa Mojoarum terhadap lebih kurang 20% dari jumlah KK di Desa Mojoarum yaitu 245 KK.
Adapun sasaran utama survey mawas diri yaitu keluarga yang memiliki balita, lansia, ibu hamil, penderita TBC dan penderita gangguan jiwa.
Adapun beberapa point dari hasil survey mawas diri antara lain, pemberian ASI eksklusif pada bayi 0 sampai 6 bulan, penderita TBC yg tidak menjalani pengobatan, lansia yang tidak mengikuti posyandu lansia, masyarakat usia 15 sampai 50 tahun masih banyak yg belum mengikuti posbindu, pengelolaan sampah, banyak ibu hamil yang belum mempunyai calon pendonor darah.
Dalam MMD ini dimusyawarahkan bagaimana cara mengatasi masalah-masalah tersebut. Terkait dengan pengelolaan sampah, akan diadakan bank sampah di masing-masing RW.

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?